Tanaman Segar dan Produk Tanaman

      Ruang Lingkup Tanaman dan Produk Tanaman meliputi produk tanaman hasil pertanian pangan, hortikultura, dan perkebunan. Produk dimaksud berupa tanaman segar yang proses budidayanya dilakukan secara organik mulai dari proses penyiapan lahan, benih, pemeliharaan, perawatan hingga pasca panennya. Produk yang dibudidayakan secara konvensional jika ingin mendapatkan sertifikasi organik wajib melalui masa konversi sesuai dengan ketetapan yang tertuang dalam SNI 6729:2016 tentang Sistem Pertanian Organik.

Produk pangan dimaksud antara lain:

  1. Padi
  2. Jagung
  3. Singkong
  4. Ketela
  5. Umbi-umbian
  6. Gandum
  7. Sorgum
  8. Dll

Produk hortikultura dimaksud antara lain:

  1. Semua jenis sayur daun
  2. Semua jenis sayur buah
  3. Semua jenis sayur umbi
  4. Tanaman herbal   
  5. Empon-empon
  6. Dll

Produk perkebunan dimaksud antara lain

  1. Kelapa
  2. Durian
  3. Kopi
  4. Pisang
  5. Salak
  6. Manggis
  7. Buah naga
  8. Kakao
  9. Teh
  10. Dll
Daftar Sekarang

Ternak dan Produk Peternakan

Ruang Lingkup Ternak dan Produk Peternakan meliputi produk hasil peternakan sapi, kambing, kuda, kerbau, dan unggas. Produk dimaksud termasuk telur, daging dan susu yang proses budidaya ternaknya dilakukan secara organik mulai dari penyediaan pakan, kandang, perawatan dan pemeliharan terhadap kesehatan hewan. Produk yang dibudidayakan secara konvensional jika ingin mendapatkan sertifikasi organik wajib melalui masa konversi sesuai dengan ketetapan yang tertuang dalam SNI 6729:2016 tentang Sistem Pertanian Organik.

Produk ternak dan produk peternakan dimaksud antara lain:

  1. Daging sapi
  2. Daging kambing
  3. Susu sapi segar
  4. Susu kambing segar
  5. Daging ayam
  6. Telur ayam
  7. Daging bebek
  8. Telur bebek
  9. Dll
Daftar Sekarang

Produk Olahan Tanaman dan Ternak

Ruang Lingkup produk olahan tanaman dan ternak meliputi produk hasil olahan dari tanaman dan ternak yang pada prosesnya mulai dari bahan baku sampai dengan pengemasan wajid memperhatikan kaidah-kaidah organik. Produk yang diolah dengan menggunakan bahan tambahan makanan harus sesuai dengan ketetapan yang tertuang dalam SNI 6729:2016 tentang Sistem Pertanian Organik.

Produk olahan tanaman dan ternak dimaksud antara lain:

  1. Sereal
  2. Kerupuk
  3. Keripik
  4. Kecap
  5. Saos tomat
  6. Bumbu siap pakai
  7. Yogurt
  8. Tempe
  9. Tahu
  10. Sirup
  11. Dll

 

Daftar Sekarang

Pestisida Organik

Ruang Lingkup pestisida organik meliputi produk hasil pembuatan pestisida berbahan baku dari alam (tanaman) dan non sintetis yang pada prosesnya mulai dari bahan baku sampai dengan pengemasan wajib memperhatikan kaidah-kaidah organik. Produk pestisida harus sesuai dengan ketetapan yang tertuang dalam SNI 6729:2016 tentang Sistem Pertanian Organik dan merujuk pada PP No 70 Tahun 2013 tentang Pupuk Organik.

Produk pestisida organik dimaksud antara lain:

  1. Pestisida nabati
  2. Agensi hayati
  3. Dll
Daftar Sekarang

Pupuk Organik

Ruang Lingkup pupuk organik meliputi produk hasil pembuatan pupuk organic baik padat maupun cair yang pada prosesnya mulai dari bahan baku sampai dengan pengemasan wajib memperhatikan kaidah-kaidah organik. Produk pupuk organic harus sesuai dengan ketetapan yang tertuang dalam SNI 6729:2016 tentang Sistem Pertanian Organik dan merujuk pada PP No 70 Tahun 2013 tentang Pupuk Organik.

Produk pupuk organik dimaksud antara lain:

  1. Pupuk organik padat (powder / granular)
  2. Pupuk organic cair
  3. Pupuk pembenah tanah
  4. Dll
Daftar Sekarang

Benih Tanaman

Ruang Lingkup Benih Tanaman meliputi produk benih hasil pertanian pangan, hortikultura, dan perkebunan. Produk dimaksud berupa benih yang proses budidayanya dilakukan secara organik mulai dari proses penyiapan lahan, benih awal, pemeliharaan, perawatan hingga pasca panennya. Produk yang dibudidayakan secara konvensional jika ingin mendapatkan sertifikasi organik wajib melalui masa konversi sesuai dengan ketetapan yang tertuang dalam SNI 6729:2016 tentang Sistem Pertanian Organik.

Produk benuh tanaman dimaksud antara lain:

  1. Benih padi
  2. Benih jagung
  3. Benih kacang-kacangan
  4. Benih sayur-sayuran
  5. Bibit buah-buahan
  6. Dll

 

Daftar Sekarang