Sertifikasi Organik

Menurut Standart Nasional Indonesia, sertifikasi adalah prosedur dimana lembaga sertifikasi pemerintah atau lembaga sertifikasi yang diakui pemerintah memberikan jaminan tertulis atau yang setara, bahwa pangan atau sistem pengendalian pangan sesuai dengan persyaratan. Sertifikasi pangan juga didasarkan pada suatu rangkaian kegiatan inspeksi berkesinambungan, audit sistem jaminan mutu dan pemeriksaan produk akhir.

Lembaga sertifikasi dapat diartikan sebagai lembaga yang bertanggung jawab untuk meverifikasi bahwa produk yang dijual atau diberi label " organik " adalah diproduksi, diolah, disiapkan, ditangani dan diimpor menurut Standart Nasional Indonesia.

Di Indonesia, penggunaan produk organik hingga saat ini masih pada kalangan menengah dan atas. Hal tersebut disebabkan :

  1. Kurangnya informasi tentang pentingnya produk organik bagi kesehatan, walaupun hal tersebut sudah ada sejak jaman nenek moyang dan
  2. Tidak ada jaminan mutu dan standart kualitas organik. Berdasarkan hal tersebut, LeSOS berberan dalam memberikan sertifikasi organik dengan berbagai standart mutu yang diakui baik secara nasional dan internasional.


Keberadaan Le SOS di tengah-tengah masyarakat adalah untuk memudahkan masyarakat pertanian di segala bidang dan kalangan dapat mensertifikasi produk- produk organik yang dimilikinya. Berikut ini prosedur mendapatkan sertifikat organik LeSOS.